Belajarlah Dari Kesalahan


Kita sebagai manusia, pasti punya kesalahan, pasti punya kekurangan, & pasti punya kekhilafan. Semua itu adalah kodrat kita sebagai manusia, yang tidak ada satu pun di dunia ini yang sempurna.

Sering kita melakukan kesalahan, baik yang kita sadari maupun tidak kita sadari. Baik kesalahan terhadap diri kita sendiri maupun terhadap orang lain.

Mulai dari kesalahan kecil sampai kesalahan yang fatal. Dan kesalahan-kesalahan yang pernah kita buat, tidak akan pernah bisa kita hitung jumlahnya.

Kalau gak percaya, coba kita ingat, berapa kali kita melakukan kesalahan, dan kesalahan apa saja yang pernah kita buat ??

Tapi, yang terpenting adalah bukan seberapa sering kita melakukan kesalahan, tapi apa yang bisa kita dapatkan dari kesalahan yang kita perbuat. Apa yang bisa kita ambil dari kejadian yang telah lalu.

Bisakah kita mengambil sebuah pelajaran/hikmah dari kesalahan yang pernah kita buat ??

Kalau kita orang yang bijak, pasti kita bisa memetik sebuah pelajaran/hikmah dari kesalahan yang pernah kita perbuat. Kalau kita orang yang bijak, kita akan bisa jadi orang yang jauh lebih baik daripada sebelumnya, karena kita bisa menjadikan kesalahan sebagai guru kita.

Kesalahan akan mengajarkan kita untuk menjadi orang yang lebih baik lagi, asalkan kita mau berpikir, mau membuka mata bahwa dari kesalahan, kita bisa jadi orang yang lebih baik

Jangan malah berpikiran sempit, tidak peduli dengan kesalahan kita. Hanya menyesali apa yang telah kita perbuat, bahkan mengulangi kesalahan yang sama.

Kalau kita pernah berbuat salah, jangan sampai kita mengulangi kesalahan yang sama untuk ke-2 kalinya. Kita harus belajar dari masa lalu, agar tidak jatuh pada lubang yang sama.

Budayakan malu pada diri sendiri jika kita melakukan kesalahan yang sama untuk ke-2 kalinya.

So, mulai sekarang

Belajarlah dari kesalahan, jadikan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Good Luck :-)

Related Posts by Categories



0 komentar: