Internet, Teman Setia Untuk XLangkah Lebih Maju



Internet. Siapa yang tidak tahu dengan yang namanya internet pada jaman seperti sekarang ini. Hampir semua orang, dari seluruh lapisan masyarakat khususnya di Indonesia, mengenal internet. Wajah dunia saat ini sudah mulai berubah, semua kini serba teknologi dan serba modern. Teknologi-teknologi baru bermunculan, yang tidak lain diciptakan adalah untuk membantu memudahkan aktivitas-aktivitas manusia. Dengan karunia otak yang dimiliki, manusia terus berpikir dan mencipta hal-hal baru di bidang teknologi. Satu per satu teknologi modern bermunculan, salah satunya adalah teknologi Internet. Internet diciptakan oleh manusia dengan tujuan untuk membantu manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Internet diciptakan guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia yang semakin kompleks dan beragam agar kualitas hidup manusia lebih baik lagi. Selain itu juga untuk mengimbangi serta turut berpartisipasi untuk mengubah wajah dunia menjadi lebih baik lagi dalam artian untuk memodern-kan dan memajukan dunia.

Internet menawarkan banyak hal-hal positif bagi orang yang memiliki kemauan untuk mendapatkannya. Dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan, tidaklah sulit bagi seseorang untuk mendapatkan sesuatu yang positif untuk dirinya dari Internet. Saya adalah salah satu orang yang telah merasakan manfaat atau hal positif dengan menggunakan Internet.

Dulu, Ketika saya masih berstatus sebagai pelajar SMA, saya sering menggunakan Internet untuk keperluan-keperluan sebagai seorang pelajar, terutama dalam mengerjakan tugas dan berlatih menghadapi ujian. Internet benar-benar membantu saya dalam mengerjakan tugas maupun mencari materi pelajaran. Saya bisa dikatakan adalah tipe orang yang ketika mengerjakan sesuatu harus benar-benar sempurna. Nah, ketika saya mendapatkan tugas dari guru, misalnya membuat sebuah makalah. Untuk referensi, pastinya saya harus membaca buku. Tapi, saya merasa belum puas jika hanya mengambil referensi dari buku, maka saya menggunakan internet untuk menambah referensi materi makalah yang saya buat. Hal itu saya lakukan, agar makalah yang saya buat benar-benar sesuai dengan keinginan saya. Karena Internet banyak menyediakan sumber-sumber informasi di bidang pengetahuan. Dan ketika saya mencari referensi di Internet, tidaklah susah, karena cukup duduk di depan computer, dan saya ketikkan beberapa kata kunci, maka muncullah ratusan bahkan ribuan informasi pengetahuan yang saya butuhkan. Dengan banyaknya informasi, sekaligus saya memiliki perbandingan informasi, sehingga data dan informasi yang saya ambil benar-benar valid. Saya hanya perlu membaca sekilas dan memilih mana yang benar-benar saya butuhkan, tinggal klik sana sini, makalah saya telah banyak mendapatkan tambahan referensi. Semua itu saya lakukan agar saya mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal dalam pembuatan makalah saya. Dan atas apa yang saya lakukan diatas, saya merasa XLangkah lebih maju dari teman-teman saya dalam hal mengerjakan tugas makalah dari guru. Karena untuk mendapatkan sebuah hasil yang maksimal, tentu diperlukan sebuah usaha dan pengorbanan.

Begitupun ketika mendekati masa-masa ujian nasional. Saya semakin sering menggunakan internet. Melalui internet, saya banyak berlatih soal-soal ujian, karena di Internet banyak sekali soal-soal latihan ujian yang disediakan, khususnya latihan untuk ujian nasional. Saya tinggal memilih soal-soal yang akan coba saya kerjakan. Dengan banyaknya soal-soal yang tersedia, saya akan punya banyak pengalaman dan latihan-latihan untuk menjawab soal-soal dengan berbagai model dan versi, dan tentunya dengan bobot soal yang berbeda-beda pula. Sehingga pada saat ujian, saya tidak kaget dengan soal-soal ujian yang keluar. Dan ternyata, usaha yang saya lakukan diatas berbuah manis. Saya lulus ujian dengan nilai di atas rata-rata. Bukannya saya sombong, tapi saya ingin berbagi pengalaman saya menggunakan Internet, dan mengambil manfaat dari Internet. Sekali lagi, Internet telah membuat saya benar-benar XLangkah lebih maju, bahkan mungkin lebih dari Xlangkah, karena hasil yang saya dapatkan jauh melebihi apa yang saya inginkan. Dari yang tadinya merasa belum matang persiapan menghadapi ujian, tapi dengan banyak berlatih soal di Internet, saya bisa berhasil melewati ujian tersebut.

Saat ini saya telah bekerja di sebuah perusahaan swasta, dan sampai saat ini saya masih sering menggunakan internet. Banyak yang saya lakukan dengan internet, browsing, chating, social network, download. Tidak bosan-bosannya saya online, karena seakan-akan Internet tidak ada habisnya dan selalu bisa menyediakan apa yang diinginkan oleh saya.

Dulu saat masih pelajar, saya menggunakan internet hanyalah untuk keperluan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah, ataupun mungkin sesekali main game online. Tapi saat ini, saya menggunakan Internet dengan tujuan yang berbeda, tapi dalam hal yang positif tentunya. Saat ini saya tengah merintis untuk membangun sebuah bisnis online. Bisnis online pada dasarnya sama dengan bisnis di dunia nyata. Sama-sama perlu persiapan, perlu strategi untuk menjalankannya agar menghasilkan keuntungan yang maksimal. Mungkin bedanya hanya medianya saja. Walaupun awalnya agak ragu untuk memulai bisnis online, tapi saya coba terus untuk berpikir positif. Awalnya, pemahaman saya tentang berbisnis, khususnya bisnis online, adalah nol alias tidak tahu sama sekali. Seperti apa berbisnis itu, apa saja persiapan yang diperlukan untuk memiliki sebuah bisnis, bagaimana kiat-kiat yang harus dijalankan agar bisnis kita lancar. Walaupun saya tidak memiliki basic pengetahuan bisnis online, tapi saya terus berusaha untuk bisa, seperti kata pepatah, learning by doing. Apalagi dengan adanya Internet yang menyediakan banyak sekali informasi dan tutorial-tutorial tentang bisnis khususnya bisnis online dengan segala macam hal yang berkaitan dengannya. Sangat mudah untuk mendapatkan tutorial tentang bisnis online, dan hampir sebagian besar tutorial tersebut diberikan secara Cuma-Cuma alias gratis. Selain itu, tulisan yang ditulis, mudah untuk dimengerti, meskipun untuk orang yang awam tentang bisnis sekalipun, seperti saya, sehingga saya bisa cepat paham dan bisa cepat mulai mempraktekkannya. Karena bisnis bila sekedar teori saja, tidak ada artinya. Tapi, harus segera action.

Saat ini, secara perlahan, bisnis online yang saya kembangkan mulai menuai hasil. Walaupun hasil yang saya dapatkan masih jauh lebih kecil dibandingkan dengan pebisnis online yang lebih dulu memulai bisnis online, tapi setidaknya saya bisa meretas jalan untuk meraih sukses di bisnis online. Semoga Internet terus berjodoh dengan saya, semoga Internet bisa bersahabat dengan saya, artinya bisa membuat hidup saya lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Dan semoga Internet dengan hal-hal positifnya membuat saya terus XLangkah lebih maju, XLangkah lebih maju, dan terus XLangkah lebih maju.

Related Posts by Categories



0 komentar: